Know More About PPNS

Kenapa saya membuat judul demikian? Bukankah kita sebagai warga PPNS sudah sangat mengenal ruang lingkup PPNS? Benarkah? Kali ini saya akan membahas lebih jauh lagi tentang PPNS. Bila uraian dari tulisan saya ini telah anda ketahui, baiklah. Namun bagi yang belum tahu semoga tulisan ini akan membuat anda semakin bangga menjadi warga PPNS.

Ketika saya sedang melanjutkan program lintas jenjang di PPNS, banyak yang bertanya, “LJ dari mana mbak?” Saya jawab, “Dari D1 PPNS.” Kemudian mereka bilang, “Loh? PPNS ada D1-nya ya?” Saya cukup speechless dengan pertanyaan kedua dari mereka. Kenapa terlontar pertanyaan tersebut? Apa program pendidikan D1 PPNS ini kurang terkenal dalam ruang lingkup PPNS sendiri?

Yang perlu diketahui wisuda yang ke-26 tahun 2016 PPNS telah meluluskan banyak mahasiswanya dengan jurusan dan prodi dibawah ini :

  • Teknik Bangunan Kapal

Program Studi DIII Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal

Program Studi DI Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal

Program Studi DIII Teknik Bangunan Kapal

Program Studi DIV Teknik Pengelasan

Program Studi DII Teknik Pengelasan

 

  •  Teknik Permesinan Kapal

Program Studi DIII Teknik Permesinan Kapal

Program Studi DI Teknik Permesinan Kapal

Program Studi DIV Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Program Studi DII Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Program Studi DIV Teknik Desain dan Manufaktur

Program Studi DIV Teknik Perpipaan

 

  • Teknik Kelistrikan Kapal.

Program Studi DIII Teknik Kelistrikan Kapal

Program Studi DI Teknik Kelistrikan Kapal

Program Studi DIV Teknik Otomasi

Program Studi DII Teknik Kelistrikan Industri

Waah, ternyata PPNS tak hanya memiliki program pendidikan D1, tapi juga  DII. Namun kegiatan kuliah program pendidikan tersebut tidak dilaksanakan di kampus PPNS. Berdasarkan data yang termuat pada www.ppns.ac.id/kerjasama, PPNS kini bekerja sama dengan beberapa SMK dalam hal “Program Peningkatan Pendidikan Vokasi Berkelanjutan”. Dan SMK yang tercantum diantaranya, SMKN 3 Buduran, SMKN 1 Pungging, SMKN 1 Jenangan, SMK MIGAS Cepu, SMKN 1 Glagah Banyawangi. Sehingga kegiataan kuliah diadakan di sana. Mungkin ini yang menyebabkan jarang orang yang tahu bahwa PPNS punya program pendidikan D1 dan DII.

Salah satu contoh di SMKN 3 Buduran. Disana hanya ada program pendidikan D1 dan terdapat 3 program studi. Diantaranya Teknik Permesinan Kapal, Teknik Kelistrikan Kapal, dan Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal. Setelah 2 semester berlalu maka dilakukan ujian kompetensi sebagai penentu kelulusan. Ujian kompetensi diadakan di kampus PPNS. Dan setelah lulus akan mengikuti prosesi wisuda di Gedung Dewa Ruci PPNS.

Apa sih keuntungan yang didapat kalau ikut program D1 atau DII? Karena perkuliahan dilakukan pada malam hari, sehingga menurut saya program pendidikan ini sangat cocok untuk mereka yang ingin kerja sambil kuliah. Dan keuntungan lain yang bisa diperoleh adalah :

  1. PPNS adalah institusi negeri. Jarang ditemukan sebuah universitas atau politeknik negeri yang bersedia membuka kelas malam. Kebanyakan hanya institusi swasta yang membuka kelas malam ini. Serta status dan akreditasi dari institusi menjadi salah satu faktor penunjang ketika melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.
  2. SPP masih mudah dijangkau. Karena status PPNS adalah institusi negeri mungkin SPP atau biasa disebut UKT jauh relative lebih murah dibanding swasta.
  3. Tidak membebani orang tua. Loh kok bisa? Tentu, karena bisa kerja sambil kuliah maka uang SPP bisa ditanggung sendiri, tanpa merepotkan orang tua.
  4. Memberi kesempatan yang sangat lebar bagi siswa yang tidak diterima masuk PTN seperti, SNMPTN, SBMPTN, PMDK PN, atau UMPN, untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.
  5. Ada program lintas jenjang dari D1 ke DIII dan DII ke DIV. Jadi peluang untuk melanjutkan pendidikan kejenjang berikutnya pun sangat tinggi juga.

Bagaimana? Lebih banyak tahu lagi tentang PPNS kan? Pasti bangga kan menjadi warga PPNS? Sekian tulisan dari saya. Semoga bisa menambah wawasan dan bisa bermanfaat juga. PPNS SUCCESS!!